Social Icons

Pages

Sabtu, 19 Januari 2013

Cara Menyontek yang Baik dan Benar

Bagai sayur tanpa garam, mungkin itu salah satu pribahasa yang menggambarkan ulangan-nyontek jaman sekarang. Karna guru guru jaman sekarang kalo ngasih tugas ke muridnya kgak pernah mikir dulu. kenapa? karena Tugas yang diberikan biasanya susah dan banyak.Apalagi seenak jidadnya guru guru yang tak bertanggung jawab dengan entengnya ngomong "besok ulangan bab ini sampe ini" *plak* pengen gue tabok tuh guru. uda ngasih tugas mulu, ngasih ulangan juga pula.
Dia kira kita gak punya kegiatan lain apa? Jadi kalo dalam ulangan gak nyontek kayak ada yang beda aja. Apalagi semasa sekolah belom pernah nyntek. itu malah "Bagai sayur tanpa sayur" *halah (membela karna gue doyan nyontek. haha). Oke sekarang gue mau berbagi tips tips mencontek yang baik dan benar tanpa melanggar norma norma yg bertentangan dengan agama. Oke cekidot!

1. Bawalah catetan kecil berisi semua ringkasan materi yang akan dibuat untuk ulangan. Jangan lupa tuliskan teman kalian beserta absen dan alamat kalo bisa makanan dan minuman faforit juga tercantum di contekan yang anda buat. Ini untuk berjaga jaga kalau tiba tiba guru tiba tiba datang ke meja anda. Anda bisa dengan sigap membuang contekan itu. Dan anda terlepas dari hukuman.

2. Berdoa dulu sebelum menyontek, agar waktu menyontek anda diberi kekuatan dan tidak ketahuan guru anda. minta juga restu orang tua anda, agar anda didoakan selamat dalam menjalankan tugas rahasia. ( mana ada orang tua yang bangga anaknya pintar menyontek?) saya sebagai ketua PPSI (persatuan percontekkan seluruh indonesia), berpesan kepada anda agar jangan sampai ketahuan, dan berhati-hatilah dalam menjalankan tugas mulia ini.

3. Ngebatik adalah cara mencontek dg media tangan maupun meja. Cara ini adalah cara kuno namun cukup efektif dan aman. Cara ini bisa digunakan bagi yang duduk didepan, namun tetap harus tetap waspadah dan hati hati. Dan kelemehan dari cara ngebatik ditangan adalah keterbatasan telapak tangan yang hanya dapat menampung sedikit tulisan.

4. Melirik jawaban teman sebelah. Cara yang satu ini adalah cara yang sangat mendadak bila tidak terjadi ulangan dadakan. Tapi ini perlu kejelian mata. Cara ini paling gampang diterapkan dan paling lazim digunakan, tetapi ini tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama karena akan membuat mata anda menjadi pusing sehingga kehilangan konsentrasi untuk mengerjakan soal berikutnya. Selain itu efek sampinya dapat membuat mata anda juling. Kelalaian dan kelengahan teman sebelah saat mengerjakan ujian membuat kesempatan bagi siswa untuk melihat jawabannya.

5. Membawa contekan ke WC. Cara ini kurang efektif, karna bisa membuat pengawas curiga bila anda bolak balik ke WC. Selain anda dicurigakan mempunyai contekan di WC anda juga akan dicurigai memiliki penyakit "beser". Ini sudah cukup memalukan kalau berita anda memiliki penyakit beser sudah menyebar luas di ruang guru.

6. Pilih posisi terbaik saat duduk. ini agak tidak mendukung, tetapi lebih baiknya anda persiapkan juga. di sekitar tempat duduk anda, harus ada teman yang pintar. terus pilih posisi terbaik yang jarang di lihat oleh guru anda. Posisi terbaik yang sampai sekarang saya amati adalah posisi ketiga di belakang tempat duduk paling depan. Tempat ini tempat yang jarang dilihat oleh guru. para guru kebanyakan mengawasi muridnya yang ada di depan atau yang ada di belakang. selain itu, posisi ini posisi yang strategis. kadang-kadang, guru akan berjalan ke depan atau ke belakang. bila guru melakukannya, jantung anda akan berdebar-debar bila anda duduk di depan atau di belakang. posisi ini juga mudah untuk menyontek. baiknya, pilih yang berada di sentral atau di tengah semua teman anda.

7. Bekerja sama dalam menjawab soal ujian. Hal ini membutuhkan kekompakan yang baik diantara siswa. Dalam pelaksanaannya biasanya mereka merancang kode-kode untuk saling berkomunikasi, misal jawaban A pegang hidung (inget ini diperuntukan untuk pegang idung sendiri, jangan samp pegang idung teman anda atau guru yang lagi ngawasi, bisa bisa kena tabok), Jawaban B garuk2 kepala, Jawaban C batuk, Jawaban D pukul pukul meja, Jawaban E gedor gedor pintu kek (malah kaya ngajak tarung).. dan banyak trik lainnya.

8.Membawa buku catatan atau buku paket kedalam kelas. Ini adalah cara menyontek yang paling ekstrim namun bila berhasil diterapkan akan sukses besar, ya jelas aja karena semuanya ada di buku. Tetapi cara ini paling jarang digunakan kecuali oleh siswa yang master mencontek dan umumnya agak bandel di kelas. Hal yang menunjang untuk melakukan ini adalah meja ujian yang memiliki sorokan/kolong yang lebar dan tidak nampak. Posisi duduk juga mempengaruhi dalam pelaksanaan misi rahasia ini.

9. Santai. ini yang sering dilupakan para murid bila sedang menyontek. Jangan takut anda ketahuan guru, tetapi takutlah bila lembar jawaban anda disobek.pasanglah muka seperti “anak pintar” agar anda tidak dicurigai saat anda sedang menyontek. malah, bisa-bisa teman anda yang dicurigai menyontek. Caranya berakting seperti anak pintar yaitu lihatlah ke atas, seolah-olah anda sedang berpikir atau melihat dengan kebingungan pada lembar soal,terus bila guru anda tidak mengawasi anda, cepat-cepatlah menyontek teman anda

10. Jangan cepat putus asa. jangan pernah putus asa bila anda ingin mendapatkan nilai yang bagus dengan waktu yang sangat minim (baca: menyontek). Berjuang terus menyontek. Jangan cepat putus asa. Bayangkan anda dalam sebuah pentempuran. Go go go! Maju terus pantang mundur!

 Keep NYONTEK!!! hahaha

from :  http://lingkarmerah.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

 

Get this widget!

Counter

Flag Counter